3/31/14

ANALISIS STAKEHOLDER "JAMINAN PERSALINAN (JAMPERSAL) DI KAB. SERUYAN KALIMANTAN TENGAH



Analisis Stakeholder
 Program Jaminan Persalinan (Jampersal) di Kab. Seruyan Prov. Kalimantan Tengah
Tabel 1:           Pendukung versus Penentang Kebijakan “Jaminan Persalinan (Jampersal)          

Stakeholder
Status
Penjelasan
1
2
3
Kemenkes
Pro
Program nasional dalam upaya penurunan angka kematian ibu dan anak.
BKKBN
Kontra
Semakin murah biaya persalinan sehingga memberikan peluang kepada masyarakat untuk mempunyai anak lebih dari 2 orang.
Bupati
Netral
Tidak ada komentar karena program dan anggaran dari pusat.
DPRD
Netral
Tidak ada komentar karena tidak dipusingkan lagi dengan pengesahan anggaran kesehatan.
Dinas Kesehatan
Pro
Merupakan tujuan utama dalam penurunan angka kematian ibu dan anak sebagai indikator status kesehatan masyarkat.
Rumah Sakit
Kontra
Beban kerja semakin bertambah karena jumlah persalinan semakin banyak tetapi uang jasa semakin rendah/sedikit.
Badan Kepegawaian Daerah
Netral
Tidak mendapatkan apa-apa jika penempatan tenaga bidan dan dokter spesialis.
Puskesmas
Kontra
Beban kerja semakin bertambah dengan uang jasa yang sedikit.
Klinik Bersalin
Kontra
Biaya persalinan semakin murah sehingga penurunan jumlah persalinan pada klinik.
Klinik perusahaan
Pro
Biaya persalinan yang murah sehingga beban biaya kesehatan bagi tenaga kerjanya semakin berkurang.
Bidan Desa
Kontra
Beban kerja bertambah, administrasi yang harus lengkap,pembayaran jasa persalinan yang lama dicairkan,sarana dan prasarana tidak mendukung di poskesdes/polindes.
Ibu Hamil
Pro
Biaya persalinan yang murah.
Dukun Beranak
Kontra
Pendapatan yang menurun karena pasien melahirkan di fasilitas kesehatan.
IBI
Netral
Tidak mendapatkan apa-apa.


Tabel 2: skor dalam Kebijakan“Jaminan Persalinan (Jampersal)

Stakeholder
Pro
Netral
Kontra
1
2
3
4
Kemenkes
4


BKKBN


3
Bupati

0

DPR
4


Dinas Kesehatan
4


Rumah Sakit


5
BKD

0

Puskesmas


5
Klinik Bersalin
3


Klinik Perusahaan
2


Bidan Desa


5
Ibu Hamil
1


Dukun Beranak
3


IBI

0

Tabel 3: Stakeholder yang dipandang bisa diusulkan menjadi sasaran advokasi dan bisa memperkuat kubu yang mendukung.

Stakeholder
Penekanan dalam Advokasi
1
2
Kemenkes
Advokasi yang dilakukan adalah mengusulkan anggaran untuk tunjangan jasa medis bidan, pelatihan kompetensi bidan dan pengadaan sarana dan prasarana kesehatan.
Dinas Kesehatan
Advokasi yang di lakukan adalah pelatihan untuk  peningkatan kompetensi bidan desa kesejahteraan/insentif, dan  pengadaan sarana prasarana kesehatan.
BKD
Advokasi kepada Kepala BKD untuk Pengadaan Sumberdaya Manusia dan penempatan secara merata (khususnya daerah Kab. Seruyan).
Bupati
Advokasi kepada bupati difokuskan pada peningkatan insentif tenaga kesehatan dengan  memperhatikan kinerja, lama mengabdi, prestasi dan status wilayah (terpencil, sangat terpencil).

Advokasi dilakukan untuk mencari dukungan dalam pelaksanaan program agar nantinya program tersebut berjalan dengan baik. Program Jaminan Persalinan merupakan program pemerintah untuk peningkatan kesehatan ibu dan anak. Akan tetapi pemerintah meluncurkan program tanpa menganalisis kebutuhan dan kemampuan sumberdaya yang ada di daerah. Pemerintah menyamaratakan antara Jawa dan Kalimantan mengenai sumberdaya dan sarana dan prasarana kesehatan. Kenyataan dilapangan sangat berbeda kesiapan pelaksanaan program jampersal di Jawa dan Kalimantan karena perbedaan sumberdaya dan sarana prasaran. Sehingga program ini belum berhasil secara maksimal sesuai dengan harapan yang dapat dilihat dari masih tingginya angka kematian ibu dan anak.
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Tugas Kuliah Politik dan Advokasi Kebijakan, oleh:

NAMA                   : A D E R I
NIM                       : 13/357946/PKU/14198
PEMINATAN       :PERILAKU dan PROMOSI  KESEHATAN

1 comment:

  1. Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua, Sengaja ingin menulis sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang kesulitan masalah keuangan, Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa Tumbal karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar 750juta saya sters hamper bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa melunasi hutang saya, saya coba buka-buka internet dan saya bertemu dengan kyai ronggo, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama 3 hari saya berpikir, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KYAI RONGGO KUSUMO kata Pak.kyai pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan penarikan uang gaib 3Milyar dengan tumbal hewan, Semua petunjuk saya ikuti dan hanya 1 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah akhirnya 3M yang saya minta benar benar ada di tangan saya semua hutang saya lunas dan sisanya buat modal usaha. sekarang rumah sudah punya dan mobil pun sudah ada. Maka dari itu, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya sering menyarankan untuk menghubungi kyai ronggo kusumo di 082349356043 situsnya www.ronggo-kusumo.blogspot.com agar di berikan arahan. Toh tidak langsung datang ke jawa timur, saya sendiri dulu hanya berkonsultasi jarak jauh. Alhamdulillah, hasilnya sama baik, jika ingin seperti saya coba hubungi kyai ronggo kusumo pasti akan di bantu

    ReplyDelete