Tabel. 1 Pendukung dan penentang Kebijakan
STAKEHOLDER
|
STATUS
|
PENJELASAN
|
BUPATI
|
NETRAL
|
Tidak ada komentar karena banyak program lain yang harus diselesaiakan dan juga seorang perokok
|
KETUA DPRD
|
NETRAL
|
Merasa bukan prioritas utama
|
BIDANG PROMOSI DINKES
|
PRO
|
Yakin bahwa penyebab kematian dan kesakitan banyak disebabkan oleh rokok
|
KETUA-TP-PKK
|
PRO
|
sadar bahwa dalam satu keluarga bila ada yang merokok sangat merugikan kesejahteraan keluarga
|
PENGURUS ALHIDAYAH
|
PRO
|
Sadar bahwa merokok tidak ada gunanya
|
PEMERHATI KES.ANTI ROKOK
|
PRO
|
Merasa dan sadar merokok berbahaya
|
PEGAWAI PEROKOK
|
KONTRA
|
Merokok sudah kebiasaan dan merasa sangat membantu dalam menyelesaikan pekerjaan kantor
|
PENJUAL ROKOK
|
KONTRA
|
penghasilan mereka dari menjual rokok untuk menghidupi keluarga
|
DISTRIBUTOR ROKOK
|
KONTRA
|
secara ekonomi kehidupan mereka berasal dari penjualan rokok
|
GURU
|
PRO
|
perilaku merokok sangat mengganggu aktifitas pekerjaan kantor dan proses belajar mengajar
|
Tabel 2. Skor dalam Kebijakan Pelaksanaan Kawasan Tanpa Rokok (KTR)
STAKEHOLDER
|
PRO
|
NETRAL
|
KONTRA
|
BUPATI
|
3
| ||
KETUA DPRD
|
3
| ||
BIDANG PROMOSI DINKES
|
2
| ||
KETUA-TP-PKK
|
2
| ||
PENGURUS ALHIDAYAH
|
3
| ||
PEMERHATI KES.ANTI ROKOK
|
3
| ||
PEGAWAI PEROKOK
|
3
| ||
PENJUAL ROKOK
|
1
| ||
DISTRIBUTOR ROKOK
|
1
| ||
GURU
|
3
|
Tabel 3: Stakeholder yang menjadi sasaran advokasi
STAKEHOLDER
|
PENEKANAN DALAM ADVOKASI
|
BUPATI
|
Sangat berpengaruh dalam membuat regulasi pembuatan KTR dan mempunyai power dalam memberikan panutan pada khalayak
|
KETUA DPRD
|
Pengaruhnya cukup kuat dalam hal menentukan layal tidaknya sebuah regulasi diberlakukan
|
PENGURUS ALHIDAYAH
|
Sangat membantu dalam hal sosialisasi KTR pada masyarakat melalui organisasi keagamaannya dimana masyarakat lebih mepercayai mereka
|
PEMERHATI KES.ANTI ROKOK
|
Kelompok pendukung ynag sangat membantu dalam hal penguatan pemberian informasi kepada khalayak dan lebih dipercaya dibanding orang kesehatan
|
PEGAWAI PEROKOK
|
Akan menjadi sasaran utama informasi pelaksanaan KTR
|
GURU
|
Sangat membantu dalam sosialisasi pada siswa disekolah sehingga dapat memberikan daya ungkit pelaksanaan KTR dilingkungan sekolah.
|
SUDARMI POPA_13/357854/PKU/14193
No comments:
Post a Comment